Wednesday 10 September 2014

Generasi muda bicara kemerdekaan Indonesia ke-69


Yak saya Nico

(dan saya Kresna)

Kami dari…

(jayus lu nic, hahahaha)

Aih sia, iye iyee -______- Eh boi, gue bentar lagi ulang tahun looh :p

(paan deh, orang kita ulang tahun barengan. Masih lamaaa kelees -.-)

Hahaha, iya iya. Yowis, kita bahas yang abis ulang tahun aja ye. Udah hampir lewat sebulan sih, tapi gapapa deh ya

(siapa???)

Yaelah, Indonesia kelees -.-

(Hooo, hehehe. Iya iya. Biar gue tebak ya, ultah ke-69 kan?)

Yap! Bener banget! Kalo ngeliat usia Indonesia, kayaknya udah jompo banget ya kalo pake takaran waktu manusia, hehe

(Iya juga sih -.-‘ Oke, kalo secara usia, seharusnya Indonesia tuh udah bisa ninggalin warisan yang baik-baik untuk generasi penerusnya, tapi kok kenapa masih begini aja ya?? ._.)

Begini gimane boi?

(Ya gitu, pendidikannya masih acak adul, pembangunan tidak merata, slogan “Indonesia adalah Jawa” juga mulai ramai lagi terdengar. Belom lagi kasus chauvinism local di Bali yang malah ngerusak kerukunan umat beragama, karakter masyarakatnya mayoritas kayak sampah, moral anak-anak mudanya juga makin turun dengan banyaknya kasus pelecehan seksual sampai pemerkosaan anak di bawah umur yang dilakukan teman sebayanya, pembangunan jalur Pantura yang dilakukan tiap tahun itu juga apa ga diperiksa KPK? Gue yakin ada yang korupsi disana. Elite partai yang korup, agama dijadikan senjata politik pula, haduuuh… malu beneran deh gue jadi warga Indonesa ini -.- mending gue jadi warga Brunei aja deh abis lulus kuliah nih.)

Hahahaha, udeh curhatnye?

(udeh -.-)
  
Ya emang gitu lah negeri kito orang nih, hahaha. Secara keseluruhan banyak kerusakan yang justru datang dari mereka yang asli lahir di tanah ini. Ya begitulah manusia.

(betah ga sih lo tinggal di Indonesia?)

Well, gue yakin juga lo sendiri udah tau jawabannya :)

(Iya paham… sesegera mungkin mau ke Brunei kan? Tapi gregetan ga sih sama kondisinya yang ga keliatan ada kemajuan sama sekali? Ibarat perkembangan manusia, Indonesia tuh kayak kakek-kakek yang usia mentalnya masih 6 tahun! Hiiih *kesel sendiri)

Soo?? Kalau udah kayak gini, dikau mau apa?

(suliiit‼ kalo kita masih aja hanya jadi warga negara biasa, ya kita ga bakal bisa ngerubah negara ini… Kerusakan moral dan mental sudah berlangsung lama secara terstruktur, dimulai dari media massa tentu saja…`Gue Cuma gabisa membayangkan apa yang akan terjadi sama negara ini 20-30 tahun ke depan. Lihat saja anak-anak SD sekarang! MAYORITAS nya udah lumayan bisa ketebak kalo engga jadi pengemis kerjaan, ya cuma bakal nambahin jumlah pengangguran di negara ini! Sisanya palingan jadi sampah masyarakat.)

Wih ekstrim sekali pernyataan terakhir mu anak muda, hahaha

(Apa? Polanya memang seperti itu kan? Oke, anggap aja gue emang mendahului takdir dengan sok tahu ini itu. Tapi pola di masyarakat sudah terlihat kan? Okelah ambil positifnya, 0.1% dari anak-anak SD sekarang-anak putra akan menjadi pengusaha. Kalau memang itu jalan yang mereka ambil, that’s good. Tapi kalau sisanya tetap tersesat? Berleha-leha terlena kesenangan duniawi yang semu dengan merokok dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, ya selamat ya buat presiden Indonesia 20-30 tahun ke depan, perjuangan anda akan jauh lebih berat jika dalam selang waktu itu tidak ada presiden yang berani melakukan gebrakan kebijakan yang berani dan baik untuk rakyatnya. Gue ga peduli latar belakang agama, suku, ras dan lain sebagainya dari pemimpin yang berani kayak gitu nanti. Mau Kristen kek, mau Hindu atau Budha kek, asal emang bisa membawa negara ini menjadi suatu negara yang layak untuk ditempati, gue dukung. )

Wiih, sadaap! Pernyataan terbuka nih ya :p

(sabodo teuing lah! Kumaha aing weh! :p)

Udeh lega? Hahaha.

(lumayan lah :p)

Tapi nih ya, kenapa kita ga nyoba mulai ngerubah dari diri kita sendiri?

(Ya sok atuh mun bade ngarubah ieu negeri ti diri urang wungkul, sok, abdi mah teu mikirin. Da emangna mun geus bisa ngarubah diri sendiri, ieu negeri bisa “sembuh” kitu? Henteu kan? )

Lah naha jadi tipi Sunda kieu, hahaha

(Teuing ah, hahaha)

Iya, emang ga ngubah langsung sih. Tapi kan setidaknya bisa ngasih pelajaran kepada orang lain juga :)

(Pelajaran? Pelajaran apa? Emangnya berapa banyak manusia yang bisa lo pengaruhi dengan tindakan lo? Pada akhirnya, itu semua cuma berguna buat diri lo sendiri! Prestasi lo itu, dan semuanya yang pada awalnya lo niatin untuk mempengaruhi orang lain, ya hanya berapa orang sih? Prestasi lo itu hanya menjadi informasi saja, bukan aksi nyata yang akan langsung menyentuh mereka.)

Ah sial, gue skak mat -______-“

(cuma ada beberapa profesi di dunia ini yang bisa mengubah dunia ini. Pertama, lo jadi penguasa, lebih khususnya jadi presiden. Lo buat deh tuh kebijakan-kebijakan yang benar-benar bijak buat negeri tempat lo berkuasa, selesai lah masalah Indonesia ini. Kedua, lo jadi pengusaha. Dengan lo jadi pengusaha, lo bisa menguasai media massa dan memberikan stimulus positif bagi masyarakat, atau juga melakukan bakti sosial atau pengembangan daerah tertinggal. Namun tetap, menjadi pengusaha tanpa ada kenalan orang yang “berkuasa” tidak akan terlalu berjalan lancar. Ketiga, guru. Mungkin saya terlalu naïf, tapi menjadi guru juga bisa merubah generasi bangsa ini walaupun luas cakupan pengaruhnya sangat sangat kecil dibandingkan dengan pengaruh dari dua profesi sebelumnya. )

Yap, I couldn’t agree more with you. :D

(eh, gue cao dulu ya, gue mau ngasih remedial nih ke anak-anak)

Lah tapi pan nanti kuliah bioteknologi lu jam 3

(iya, gue juga bingung, tapi cabs dulu deh ya pertemuan pertama ini)

Leeeh, yowis deh. Kalo ada topik hangat lagi, kita obrolin lagi yak

(Siap, sori yak kalo kesannya rada marah, karna emang gue marah juga sih)

Woles keles

No comments:

Post a Comment