Wednesday 27 September 2017

Little fox and his hat

Ibu, hari ini aku senang sekali.
Aku menemukan sebuah topi yang sangat bagus.
Sepertinya seseorang meninggalkannya dan melupakannya.
Boleh kan aku memilikinya?

Ibu, hari ini aku bermain ke tepi sungai.
Arusnya cukup deras dan aku pun belum bisa berenang.
Jadi aku hanya bermain air di pinggiran saja.
Boleh kah aku belajar berenang?

Ibu, hari ini aku pergi ke hutan.
Disana aku menemukan banyak buah dan jamur yang bisa kumakan.
Aku mengambil banyak dan kuletakkan di dalam topiku.
Ini untukmu, ibu.

Ibu, hari ini hujan sangat deras.
Tubuhku basah dan topi ku pun juga.
Sepertinya aku akan masuk angin karenanya.
Maafkan aku ibu.

Ibu, hari ini aku bertemu dengan seseorang yang sangat baik.
Ia membela diriku dari orang yang biasa berbuat jahat kepadaku.
Tapi aku langsung melarikan diri begitu ia mendekatiku.
Boleh kah aku berteman dengannya?

Ibu, hari ini aku memperhatikan orang itu dari jauh.
Ia bermain bersama temannya, namun dia terlalu banyak tersenyum.
Aku rasa senyum yang ia buat palsu.
Apakah mungkin ia juga kesepian seperti diriku, ibu?

Ibu, hari ini hujan deras lagi.
Tapi kali ini, aku sudah mempersiapkan daun pisang untuk menjadi payungku.
Ah, iya, orang itu juga kehujanan, jadi aku memberikan daun milikku kepadanya.
Dan ia pun berterima kasih kepadaku.
Aku senang sekali bu, aku merasa dibutuhkan.

Ibu, hari ini aku akan menunggu orang itu.
Aku ingin bermain dengannya dan menjadi berguna baginya.
Namun ia tidak lagi terlihat…
Aku yakin ia pasti sendirian dan kesepian, sama seperti diriku.
Besok akan aku berikan banyak buah dan jamur yang bisa kutemukan untuknya.

Ibu, hari ini ia tidak terlihat lagi.
Sepertinya ia sudah pergi.
Aku khawatir bahwa ia akan merasa kesepian lagi.
Aku akan mencarinya dan bermain dengannya.

Ibu, hari ini aku akan pergi mencarinya.
Jangan khawatir bu, aku pasti akan menemukannya.
Lagipula, aku masih mengingat aromanya dengan jelas.
Jadi aku pasti akan menemukannya.

Ibu, aku tiba di pusat kota.
Disini banyak sekali orang yang berjalan kemana-mana.
Ah, aku hampir saja terjatuh dan terinjak.
Tapi tenang saja bu, aku sudah lebih kuat dari sebelumnya.

Ibu, aku tiba di tepi sungai.
Ternyata di kota juga ada sungai.
Airnya pun bersih seperti di hutan.
Ah, seandainya ibu ikut denganku.

Ibu, aku menemukannya !
Rumah orang itu.
Dan terdengar jelas suaranya dari dalam sana.
Aku akan masuk ke dalam bu, dia pasti kesepian.

Ibu, aku mendengar suara lain.
Sepertinya itu orangtuanya.
Dan suara orang itu, dia terdengar sangat senang…
Sepertinya dia tidak kesepian seperti yang aku kira…

Ibu, aku akan kembali ke hutan.
Aku ingin segera berada di sisi mu, ibu.
Kupikir dia kesepian dan membutuhkanku.
Justru akulah yang kesepian dan membutuhkannya.


Ibu, aku merindukanmu.

2 comments: